Tuesday 14 December 2010

CATATAN MENJELANG AKHIR TAHUN 2010

Tahun 2010 hampir berlalu... sekitar dua minggu kedepan kita sudah akan menyambut tahun baru 2011. Ada baiknya kita melihat apa yang telah terjadi dan kita lakukan selama tahun ini untuk membuat perbaikan di tahun yang akan datang. Apa saja yang dapat kita lihat dalam kehidupan menggereja di lingkungan St Theresia Bogor Raya Permai - Paroki BMV Katedral Bogor?

Pertama: tentang kegiatan LITURGI
Liturgi merupakan jantung hidup Gereja. Tanpa Liturgi, khususnya Perayaan Ekaristi, Gereja tidak dapat bertahan. Kegiatan liturgi di lingkungan Santher selama ini memang masih terbatas pada hal-hal rutin seperti misa lingkungan yang diadakan pada Kamis pekan kedua setiap bulan (kecuali pada Masa Prapaskah dan waktu-waktu tertentu). Keterlibatan dalam liturgi juga masih berkisar pada hal-hal rutin seperti latihan dan tugas koor di Gereja St Ignatius Loyola Semplak dan Katedral BMV Bogor setiap bulan. Demikian pula dengan tugas-tugas penyelenggara misa dan TTK (Tata Tertib dan Kolektan) di Gereja Semplak. Sementara itu, doa-doa rosario di bulan Mei dan Oktober serta ibadat-ibadat lain pada tahun ini sepertinya kurang mendapat tanggapan umat...

Kedua: tentang kegiatan KATEKESE
Kegiatan pewartaan yang dilandasi Kitab Suci juga seperti tahun-tahun sebelumnya kurang kelihatan. Kegiatan pertemuan APP dan APP serta bulan Kitab Suci masih sepi dari perhatian sebagian besar umat lingkungan.
Yang berjalan cukup baik adalah kegiatan Bina Iman Anak (BIA). Sampai sekarang kegiatan ini berjalan dan ada koordinasi dengan BIA Wilayah St Petrus Semplak.

Ketiga: Kegiatan Sosial dan Ekonomi
Kegiatan di bidang ini sebenarnya ada namun memang kurang diekspose: mengunjungi orang sakit, melayat, membantu pemakaman warga, mengumpulkan dana untuk kegiatan sosial dan aksi Paskah dan Natal...

Menatap Kedepan
Tahun 2011 linkungan Santher harus berbenah. Koordinasi di antara pengurus lingkungan dan dengan semua warga harus ditingkatkan... paling utama adalah dikomunikasikan. Partisipasi umat yang selama ini sangat kecil dalam banyak kegiatan harus ditingkatkan. Lewat komunikasi dan kegiatan yang dirancang dengan baik, partisipasi umat diharapkan dapat ditingkatkan.

No comments: