Thursday 14 May 2009

MENYAMBUT HARI KOMUNIKASI SOSIAL SEDUNIA KE-43

Hari Komunikasi Sosial Sedunia tahun 2009 ini ditetapkan jatuh pada Minggu, 24 Mei 2009. Tema Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-43 tahun 2009 ini adalah:
“Teknologi Baru, Relasi Baru: Memajukan Budaya Menghormati, Dialog dan Persahabatan”.

Bapa Suci Benedictus XVI dalam pesannya mengatakan, “Teknologi baru sesungguhnya merupakan anugerah bagi umat manusia dan kita mesti memberikan jaminan bahwa manfaat yang dimilikinya tentu dipergunakan untuk melayani semua manusia secara pribadi dan komunitas, teristimewa mereka yang kurang beruntung dan menderita.”

Bapa Suci menegaskan bahwa penggunaan alat-alat komunikasi seperti telepon dan internet dan jaringan sosial digital seharusnya diarahkan untuk kepentingan memajukan budaya menghormati, dialog dan persahabatan. Hal ini menjadi bermakna karena pada dasarnya semua sarana komunikasi tersebut digunakan dalam rangka pewartaan Injil dalam dunia modern.

Kini, kita yang hidup di jaman digital dapat mempergunakan teknologi digital untuk pewartaan dan kebaikan umat manusia. Namun kita juga punya kewajiban untuk menggunakan semua itu secara bertanggung jawab. Berbagai sarana seperti telepon, radio, internet, email, jejaring sosial dan blog, website dan media masa... semua dapat digunakan sebagai alat untuk kebaikan manusia dan dunia.

Terhadap ekses dari kemajuan teknologi komunikasi, semua orang yang terlibat dalam perancangan, penyiapan, pelaksanaan dan penggunakan teknologi digital harus bertanggungjawab terhadap “benua digital” ini agar semua teknologi baru dapat sungguh memajukan budaya menghormati, budaya dialog dan persahabatan.

No comments: