Wednesday 25 August 2010

MENGIKUTI BERARTI MELIBATKAN DIRI

Saya lupa siapa yang telah berkotbah tentang hal ini, di mana dan kapan kotbahnya, tetapi saya selalu ingat:Menjadi pengikut Yesus berarti mau melibatkan diri dengan pekerjaan-pekerjaan Yesus di masa kini.

Mengikuti Yesus tidak hanya melihat dari jauh bagaimana Yesus sedang bekerja. Itu sama saja menjadi penonton. Sebagai penonton, orang bisa menjadi tidak peduli tentang apa hasil pekerjaan Yesus... Kalau hasilnya bagus, penonton bisa ikut puas dan memuji-muji. Bila hasilnya jelek, penonton cukup berkomentar, mengomel, mengumpat-umpat dan meninggalkan arena. Menjadi Katholik tidak boleh hanya menjadi penonton. Alangkah sedihnya Yesus jika para pengikut-Nya hanya menonton... apalagi dari kejauhan... apa yang dikerjakan Yesus.

Mengikuti Yesus ternyata berarti terlibat dengan pekerjaan-pekerjaan Yesus. Terlibat berarti mau menyingsingkan lengan dan baju... Kalau berhasil melakukan pekerjaan juga mengakui bahwa ia lakukan itu bersama Yesus.. Dan bila ia mengalami kegagalan, ia juga mengakui bahwa ia gagal bersama Yesus... Mengikuti Yesus berarti menempatkan Yesus menjadi pusat kegiatan dan hidupnya; menempatkan berarti mempersilakan Yesus untuk menuntun hidupnya.

Apa saja pekerjaan Yesus di jaman sekarang? Gereja Katholik sungguh mengimani bahwa Roh Yesus, Roh Allah Putra, Roh Kudus tetap hidup dan berkarya hingga sekarang. Itu berati bahwa Yesus masih bekerja melalui Gereja-Nya... Apa saja karya Gereja? Ada banyak: karya rohani, karya sosial karitatif, karya pendidikan, karya komunikasi dan lain-lain.

Bagaimana kita melibatkan diri? Pelibatan itu dapat dilakukan sesuai kemampuan kita. Untuk dapat terlibat dalam karya-karya besar, orang mesti bersedia memulai dengan karya-karya yang kecil dan sepele... Kita bisa memulainya dalam hidup pribadi kita, rumah atau keluarga kita, lingkungan tetangga kita (RT, RW, Lingkungan, dll.). Setidak-tidaknya kita dapat lebih peduli pada keprihatinan-keprihatinan Gereja. Misalnya saja: menjaga kebersihan, mencegah polusi, tidak melakukan suap atau korupsi, mau bersosialisasi dengan tetangga, memberi derma dan sedekah, dan lain-lain.

Dalam forum lingkungan Santa Theresia Bogor Raya Permai di wilayah St Petrus Semplak di Paroki BMV Katedral Bogor, warga lingkungan dapat terlibat dalam kegiatan-kegiatan lingkungan. Kita punya banyak kegiatan bersama: berlatih dan menjalankan tugas koor, menjadi petugas TTK, menjadi penyelenggara misa, berdoa rosario bersama, belajar Kitab Suci bersama, mengumpulkan derma dan sumbangan (APP, AAP. iuran bulanan) dan sebagainya... Sangat tidak masuk akal bila umat tidak mau terlibat dalam kegiatan bersama... Sangat disayangkan bila ke-Katholik-an hanya ditampakkan di KTP atau hanya untuk kepentingan pribadi seperti kemudahan mendapatkan sekolah di sekolah Katholik atau untuk tujuan-tujuan lain... Mari terlibat dalam kegiatan bersama di Lingkungan Santher... Gereja basis akan menjadi hidup dan terlibat dengan karya Yesus apabila semua anggota jemaat bahu-membahu bekerja bersama Yesus.

Selamat melibatkan diri.

No comments: