Monday 22 December 2008

CATATAN PAK WISNU

Dari Pak Wisnu untuk Fransiskan"Fransiskan"
Cc:
"Lingkungan St. Theresia" , "Keuskupan Bogor" , "Paroki Net" Parokinet@googlegroups.com

cerita2 ah... :)

Sebenarnya sudah beberapa bulan lalu saya melirik2 buku dengan judul"menimba kekayaan liturgi" karya -siapa lagi jika bukan- Sdr.Fransiskus Borgias :) tapi baru kemarin sempat menariknya dari rak buku tb. Kharisma di ekalokasari plaza bogor.buku yang tidak terlalu tebal itu menarik, karena liturgi dipandang dari pengalaman2 pribadi sdr. frans sebagai seorang awam dan diceritakannya dengan bahasa awan yang menarik pula, menjadikan liturgi menjadi sesuatu yang enak untuk dibaca dan tidak melulu menjadi bacaan para imam :)karena buku itu terdiri dari karangan2 lepas, jadi kita bisa membaca lompat sana-sini sesuai topik yang menarik bagi kita.

Setelah membaca daftar isi saya langsung membuka bab tentang pengalaman sdr. fransbertemu dan berdiskusi dengan temannya seorang orthodox yunanimengenai beberapa kekayaan simbol liturgi gereja mereka.bab tersebut juga membahas hal2 yang simpel saja, bagaimana seorangimam orthodox yunani memberi berkat dengan jari2 tangannya yangmembentuk huruf2 tertentu dan bagaimana seorang umat orthodox yunanimembuat tanda salib dengan jari2 yang melambangkan trinitas dan 2 kodrat dalam 1 pribadi. tradisi orthodox memang kaya dengan simbol2dan ikon2.

Bab yang lain juga tidak kalah menarik, misal berkenaan dengan nama baptis, bagaimana jika seseorang mengambil nama baptis dalam perjanjian lama misalnya, apakah dalam upacara pembaptisannya akan disebutkan nama st. Adam? st. Abraham? st. Musa? dan lainnya, sdr.Frans juga bercerita mengenai nama baptis dan perjumpaannya dengan nama2 tradisi lokal. Dan, seperti buku2 sdr. frans yang lain, contoh2 yang diberikan tidak jauh dari tradisi2 fransiskan :) dari Fransiskus Assisi, Bonaventura, Antonius Padua dan lainnya, maklumlah, sdr. Frans memang sangat dekat dengan tradisi Fransiskan, seperti buku2 sdr. Frans yang lain: S.Clara cahaya dalam taman, Devosi kepada St. Antonius Padua hingga buku tentang Mgr. Geise Ofm.

Sdr. Frans, teruslah berkarya, saya cc-kan juga cerita2 ini ke milis lain, semoga sdr. Frans tidak keberatan, anggap saja promosi gratisan:)

salam hangat - wisnu

No comments: