Monday 5 October 2009

RAPAT SEKSI LITURGI PAROKI KATEDRAL BMV OKTOBER 2009

NOTULEN
Rapat Seksi Liturgi Paroki Katedral
Hari & Tanggal : Minggu 4 Oktober 2009 Pk 11.00 - 13.00
Pimpinan Rapat : Ketua Seksi Liturgi

Pokok-pokok Pembahasan:
1. SEKSI LEKTOR
a. Seksi Lektor hendak ikut serta Parade Paduan Suara Katedral bulan Desember. Sedang diusahakan untuk membuat seragam sendiri karena busana liturgi tidak boleh dikenakan di luar kepentingan liturgi.
2. Pada akhir bulan Oktober akan diadakan acara nonton bareng: untuk belajar dan rekreasi bersama.
3. Aklamasi doa umat untuk cara kedua akan digunakan sampai dengan akhir tahun.
4. Mike di mimbar tidak boleh ditekuk-tekuk secara kasar... harus pelan.

2. SEKSI MISDINAR
a. Diperlukan seorang pastor pendamping atau pembimbing tetap.
b. Perlu ada latihan bersama para prodiakon, khususnya untuk misa-misa hari raya.
c. Perlu ada barang-barang inventaris baru untuk menggantikan yang telah rusak: gong kayu, bel kayu, dll.
d. Perlu komitmen semua anggota untuk melaksanakan tugas.

3. SEKSI BUNGA
a. Tempat sampah sudah disediakan untuk seksi bunga.
b. Dibutuhkan beberapa relawan untuk membantu seksi bunga.

4. SEKSI KEBERSIHAN
a. Masih ada wilayah yang tidak bertugas membersihkan gereja walaupun telah dijadwalkan.
b. Peralatan kebersihan harus disediakan/diganti setidak-tidaknya setahun sekali.

5. SEKSI TTK
a. Petugas seksi liturgi yang betugas saat ini menggunakan pin berwarna kurning bertuliskan LITURGI agar dikenali umat.
b. Juklak (petunjuk pelaksanaan) tugas TTK dapat diperoleh di sekretariat paroki atau dapat diminta kepada Bapak Darma di email dsangku@yahoo.com
c. Kesadaran sebagian petugas TTK terhadap Sakramen Mahakudus masih kurang, khususnya kelihatan pada saat Prodiakon membawa Hosti. Seharusnya para petugas TTK menjadi contoh bagi umat.
d. Para petugas TTK tidak boleh bercanda, apalagi hanya sekedar kumpul-kumpul.

6. SEKSI KOOR
1. Setiap dirigen atau kelompok koor yang bertugas diwajibkan melatih umat beberapa aklamasi yang belum dinyanyikan dengan benar oleh umat. Latihan bersama umat dilakukan sekitar 15 menit sebelum perayaan ekaristi dimulai.
2. Aklamasi cara kedua akan digunakan sampai dengan akhir tahun supaya semua koor, umat dan para imam dapat menguasai semua aklamasi dengan baik.
3. Telah diadakan 2 kali pelatihan bagi para dirigen dan dirigen baru. Pelatihan bulan Oktober akan diadakan Minggu 25 Oktober. Pelatihan ini sebenarnya terbuka bagi siapa pun... hanya saja fokusnya memang bagi para dirigen baru.

7. PROGRAM KERJA DEWAN PASTORAL PAROKI
Sehubungan dengan akan dimulainya masa kerja Dewan Pastoral Paroki Katedral 2010-2012, Paroki akan mengadakan 3 program bersama (di luar program setiap seksi yang rutin) di bidang Rekatekisasi, Pendidikan Nilai dan Pemberdayaan Ekonomi Umat. Kemungkinan besar untuk tahun 2010 akan dimulai dengan Rekatekisasi bidang Sakramen, Pendidikan Habitus Baru untuk Pendidikan Nilai, dan Pemberdayaan Ekonomi Umat lewat Credit Union.
Seksi Liturgi dapat dan harus ambil bagian dalam program kerja Dewan Paroki tersebut lewat kegiatan-kegiatan yang berhubungan dan mendukung program kerja tahunan itu.

8. FESTIVAL/PARADE KOOR
Akan dilaksanakan Desember 2009. Sampai sekarang sudah ada sekitar 20 kelompok koor yang mendaftar. Sebagian kelompok sudah memanfaatkan anggota paguyuban dirigen untuk berlatih.

9. LAIN-LAIN
a. Akan diadakan rekatekisasi bagi para praktisi liturgi setiap kali ada rapat seksi liturgi paroki. Setiap bulan akan ada tema baru yang akan dibahas sehingga para praktisi akan memperoleh banyak pengetahun dan peneguhan.
b. Direncakan untuk diadakan pertemuan khusus bagi para petugas di tingkat paroki untuk kegiatan keakraban... supaya kerja sama dapat lebih erat lagi.

No comments: