Wednesday 31 December 2014

RENUNGAN AKHIR TAHUN 2014 UNTUK MENYONGSONG TAHUN BARU 2015

Tahun baru 2014 akan segera berakhir dan tahun baru 2015 akan segera tiba. Ada baiknya kita merenungkan apa yang telah kita jalani selama tahun 2014 dan membuat rencana untuk tahun baru dengan harapan dan semangat yang baru pula.

Bagi Lingkungan St Theresia (Santher) Bogor Raya Permai tahun 2014 tetap memiliki arti yang besar. Berbagai peristiwa dan kegiatan rutin mewarnai kehidupan lingkungan. Misa lingkungan yang bisa dikatakan rutin diadakan meskipun yang hadir selalu saja tidak banyak (mengingat banyak warga yang belum tiba di rumah saat misa ligkungan dilangsungkan). Latihan koor berjalan secara rutin setiap hari Minggu sore, biasanya di rumah Ibu Sri Thehamihardja dan selama 2014 koor Santher telah dapat menjalankan semua tugas dengan cukup baik di gereja wilayah maupun di Katedral BMV Bogor. Pertemuan-pertemuan doa rosario hampir selalu dihadiri oleh banyak warga meskipun jika dihitung persentasenya terhadap jumlah umat juga tidak seberapa. Kegiatan Bina Iman Anak berjalan dengan cukup baik karena ada beberapa warga yang peduli terhadap perkembangan iman anak di lingkungan. 

Yang belum banyak berkembang adalah pertemuan-pertemuan untuk APP, AAP dan BKSN. Kegiatan ini masih belum menarik perhatian umat entah karena bahannya kurang menarik atau penyajiannya yang kurang baik. Sehubungan dengan gerakan rekatekisasi Sakramen Panggilan, kegiatan lingkungan juga belum dapat menyentuhnya. Demikian pula dengan ibadah keluarga yang bukunya telah disebarluaskan oleh Paroki ke semua lingkungan termasuk lingkungan Sather.

Di tahun yang baru tentu saja kita berharap akan ada kemajuan dan perbaikan. Jika rencana pemekaran wilayah Semplak menjadi sebuah paroki terwujud di tahun 2015, tanggung jawab umat terhadap kelangsungan dan kehidupan paroki menjadi lebih besar. Karena itu partisipasi dituntut dari lebih banyak dan semua warga. Kehidupan lingkungan harus menjadi lebih hidup. Pengumpulan data, dana, aksi sosial dan lain-lain harus ditingkatkan dengan kesadaran lebih. Namun di atas semua itu, kita berharap bahwa tahun 2015 iman, harapan dan cinta kasih kita akan semakin besar dan kokoh sehingga tugas perutusan umat Katolik di lingkungan Santher akan menjadi lebih nyata.

Selamat tahun baru 2015.

No comments: