Monday 8 August 2016

Koor Santher & Sarasehan Musik Liturgi


Pada hari Minggu 7 Agustus 2016 diselenggarakan Sarasehan Musik Liturgi di kompleks Gereja St Ignatius Loyola Semplak oleh Seksi Koor dan TTK Paroki. Topik sarasehan tersebut adalah Perbedaan antara Musik Liturgi dan Musik non-Liturgi (khususnya musik pop rohani) dan bagaimana memilih nyanyian komuni. Acara dimulai pk 11.00, didahului dengan sambutan RD. Yustinus Monang Damanik, yang membuka acara ini mewakili pastor paroki yang kebetulan berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Romo Monang berharap agar kegiatan ini bermanfaat untuk pengembangan musik liturgi paroki.

Narasumber pada acara tersebut adalah Bp Thomas Sutadi seorang praktisi musik liturgi dari lingkungan St Theresia Bogor Raya Permai, yang kebetulan pernah menjadi dirigen koor lingkungan Santher selama beberapa tahun. Sayang sekali bahwa dari 11 lingkungan di Paroki St Ignatius, ada sejumlah lingkungan yang tidak mengirimkan dirigen atau perwakilannya. Sementara itu, lingkungan Santher mengirimkan sekitar 10 orang yang merupakan perwakilan terbanyak dalam kegiatan ini. Mungkin ini ciri khas koor Santher: antusiasme.

Setelah mendengarkan paparan secara garis besar tentang musik liturgi, peserta diajak mempelajari sejumlah lagu sebagai contoh. Sekali lagi, koor Santher membantu narasumber untuk menyanyikan lagu-lagu tersebut.

Kegiatan sarasehan ini diharapkan dapat dilanjutkan di waktu-waktu yang akan datang dengan tema-tema dan topik yang lebih khusus agar paroki dapat mengembangkan musik liturgi.

No comments: