Saturday 21 March 2020

UMAT LINGKUNGAN ST THERESIA MENGIKUTI MISA ONLINE


Pemerintah telah menetapkan virus corona Covid-19 sebagai wabah pandemik dan merupakan bencana nasional. Selama beberapa minggu ke depan semua warga Negara dihimbau untuk melakukan self isolation (atau pengurungan diri) dan social distancing (menjaga jarak dari orang lain dan tidak bergabung dalam kerumuman banyak orang) untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Gereja Katolik, khususnya Keuskupan Bogor dan Paroki St Ignatius Loyola Semplak, juga menindaklanjuti himbauan pemerintah itu dengan meniadakan hampir semua kegiatan rohani yang biasanya melibatkan banyak orang seperti misa, ibadat, doa bersama, pendalaman APP, latihan kor, rapat dan sebagainya. Umat dihimbau untuk melakukan kegiatan-kegiatan spiritual di rumah.

Salah satu yang diminta oleh Gereja adalah supaya umat mengikuti misa dari rumah. Sejumlah gereja menyelenggarakan misa Minggu Prapaskah yang disiarkan secara live streaming lewat channel Youtube.  Umat lingkungan Santher dapat mengikuti salah satu link yang disebarkan lewat pesan-pesan WhatsApp.

Berikut ini adalah sejumlah saran bagi umat yang ingin mengikuti misa secara online.

Pertama, tentu saja umat dapat berkumpul bersama kelurga di rumah masing-masing. Bila dirasa membantu, umat boleh memasang beberapa simbol rohani seperti salib atau lilin.

1. Persiapkan diri Anda sebaik-baiknya. Sangat baik jika Anda mandi lebih dahulu dan berpakaian yang pantas, tidak harus sangat formal. Tingkat kepantasan Anda tentukan sendiri.

2. Lokasi mengikuti misa online harus di tempat yang pantas seperti: ruang tamu; ruang keluarga atau ruang doa. Tentu jangan di atas kasur atau kamar mandi. Tentu lokasinya harus punya sinyal wifi kuat di rumah Anda.

3. Ikuti Perayaan Ekaristi secara penuh. Jangan ditinggal untuk urusan lain. Anda mengikuti misa sejak awal dengan membuat tanda salib saat pembukaan dan pada saat berkat penutup.

4. Ikutilah Ekaristi sambil duduk saja, tidak perlu berdiri, berlutut, duduk, dll.

5. Ikutilah tayangan misa online sambil berdoa dengan sungguh sungguh. Ambil waktu persiapan. Ikuti secara penuh. Berdoalah secara pribadi saat upacara penerimaan komuni.

6. Ada doa khusus untuk komuni spiritual atau komuni batin, yang di-share di grup-grup WhatsApp. Anda dapat mempergunakan doa khusus tersebut. Berikut rumusan Doa Komuni Batin dari Santo Alfonsus Liguori:

Yesusku, aku percaya bahwa Engkau hadir dalam Sakramen Mahakudus.
Aku mengasihi-Mu melebihi segala sesuatu,
dan aku merindukan Engkau dalam seluruh jiwaku.
Karena aku tidak dapat menerima-Mu secara sakramental saat ini,
maka datanglah ya Tuhan sekurang-kurangnya secara rohani dalam hatiku,
meskipun Engkau selalu telah datang.
Aku memeluk-Mu dan ingin mempersatukan seluruh diriku seutuhnya dengan-Mu,
dan jangan izinkan aku terpisah dari-Mu.
Amin.

Nah, selamat merayakan Ekaristi secara online.

No comments: