Sunday 10 March 2019

SINODE II KEUSKUPAN BOGOR TINGKAT PAROKI ST IGNATIUS LOYOLA SEMPLAK

Pada hari Sabtu, 9 Maret 2019, diadakan Sinode II Keuskupan Bogor tingkat Paroki St Ignatius Loyola Semplak. Kegiatan ini dilangsungkan di Gedung Megantara di Kompleks Angkatan Udara Atang Sanjaya Bogor, dimulai pada pukul 11.00 dan ditutup dengan Perayaan Ekaristi yang berakhir pada sekitar pukul 18.30. 

Acara tingkat paroki ini dikelola oleh Panitia Sinode tingkat Paroki yang dipimpin oleh Bapak Kriswantoro, yang saat ini adalah Ketua Bidang Liturgi Paroki St Ignatius Loyola Semplak. 

Acara yang dihadiri oleh sekitar 400 umat yang terdiri dari para wakil lingkungan termasuk OMK dibuka dengan doa pembuka oleh Pastor Paroki, yaitu RD Antonius Dwi Haryanto. Pastor Anton berharap agar sinode ini menghasilkan buah-buah yang dapat dibawa ke Sinode tingkat dekanat dan keuskupan. Sebelum kegiatan sharing sebagai bagian pokok dari sinode, Bapa Uskup Bogor, Mgr Paskalis Bruno Syukur, menyampaikan sejumlah harapan agar sinode ini benar-benar dilakukan sebagai komunio yang penuh suka cita dalam semangat injili, peduli, cinta akan lingkungan dan misioner. 

Pada dua sesi sesudah makan siang, diadakan sharing pengalaman, gagasan dan usul mengenai sejumlah pokok bahasan yaitu keluarga, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan lingkungan hidup. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan antara lain adalah: (1) Suka cita macam apa yang Saudara rasakan dalam bidang keluarga, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan lingkungan hidup? (2) Apa saja keprihatinan dan tantangan yang dihadapi umat dalam bidang keluarga, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan lingkungan hidup? (3) Apa saja usaha pastoral yang sudah dilakukan, sedang dikerjakan atau harus dilakukan di bidang keluarga, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan lingkungan hidup? (4) Apa saja yang harus dilakukan untuk mendorong umat agar terlibat dalam bidang keluarga, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan lingkungan hidup? Sharing dari umat sangat beragam. 


Dari lingkungan Santa Theresia Bogor Raya Permai hadir sekitar 30-an warga. Beberapa anggota juga terlibat dalam menyampaikan sharing sesuai pertanyaan yang diajukan. Acara Sinode II Keuskupan Bogor Tingkat Paroki St Ignatius Loyola Semplak ini ditutup dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RD. Antonius Dwi Haryanto yang didampingi oleh RD Jeremias Uskono, RD Habel Jadera dan RD Dionisius Manoppo. 
Sesudah misa, Ketua Panitia Pelaksana, Kriswantoro, mengumumkan lingkungan St Matius sebagai lingkungan yang paling aktif berpartisipasi dalam sinode ini dan mereka berhak mendapat hadiah khusus dari Pastor Paroki.

No comments: