Monday 13 April 2009

SELAMAT PASKAH 2009

PEKAN SUCI DAN PERAYAAN PASKAH

Sebagaimana biasa terjadi setiap tahun, Lingkungan Santa Theresia juga sangat sibuk dengan berbagai kegiatan di sekitar Pekan Suci dan Perayaan Paskah.

Minggu Palma (5 April 2009)
Lingkungan Santher bertugas TTK pada Perayaan Minggu Palma. Untuk tugas ini Pak Totok beserta jajaran pengurus berhasil mengerahkan lebih dari 40 personel warga Santher sehingga perayaan berlangsung dengan tertib, aman dan lancar. Urusan-urusan lain yang biasanya menjadi tanggung jawab Pak Totok, Pak Hadi, Pak Ronny dan kawan-kawan untuk CCTV dll juga lancar.

Malam harinya diadakan latihan koor di rumah Ibu Sri. Latihan ini untuk persiapan tugas Jumat Agung di Semplak dan Minggu Paskah di Katedral. Hampir semua anggota hadir dalam latihan ini.

Kamis Putih (9 April 2009)
Pada Kamis pukul 10.00-13.00 diadakan latihan koor khusus untuk Jumat Agung. Latihan diadakan di rumah Ibu Sri lagi. Latihan berjalan lancar. Beberapa anggota koor tidak dapat hadir karena berbagai tugas. Pak Totok dan Pak Hadi harus mengurus CCTV di gereja Semplak. Bu Ari, yang sedang sakit, terpaksa harus pulang lebih dulu.

Perayaan Ekaristi Kamis Putih di Semplak dimulai pk 18.00. Semua berjalan lancar. Pak Herry Djoko menjadi salah satu rasul yang dicuci kakinya oleh Romo Driyanto.

Jumat Agung (10 April 2009)
Jam 9 pagi ada Upacara Jalan Salib di Semplak.

Jam 15.00 ada Perayaan Jumat Agung. Di sinilah Koor Santher bertugas... a capella. Dengan seragam baju putih dengan dasi merah (untuk Tenor dan Bass) dan korsase merah (untuk Sopran dan Alto), semua bernyanyi dengan merdu... Seperti biasa, Santher juga dibantu Pak Nur, Bu Nur dan Kris. Untuk menyanyikan Passio, tahun ini Imam (Rm Tri Harjono) menjadi tokoh Yesus, Pak Nurwiyono dan Pak Yohanes Agus Suparyanto menjadi pembawa ceritanya. Pak Herry Djoko membawakan Mazmur Tanggapan dan Bait Pengantar Injil.

Secara umum upacara berlangsung dengan lancar. Koor Santher juga bertugas dengan cukup baik... Kalau ada kekurangan sana-sini, itu hal yang biasa...
Upacara berlangsung hingga pukul 17.00.

Sabtu Suci (11 April 2009)
Pada pukul 11.00 Koor Santher berlatih untuk persiapan tugas Minggu Paskah. Latihan diadakan di rumah Bapak Totok. Dalam latihan ini beberapa anggota Exultate yang kita minta bantuannya untuk ikut bertugas juga hadir: drg Cisca, dr Ika, Mas Thomas Gago, Mbak Lia, Ibu Evie and Ibu Herry. Pak Simon (mertuanya Pak Edu) tidak dapat hadir karena sedang tidak enak badan. Latihan berlangsung lancar...

Perayaan Malam Paskah di Semplak berlangsung lancar dan aman, mulai pukul 18.00 hingga sekitar pukul 21.00. Koor Wilayah Semplak berhasil tampil dengan baik. Mereka antara lain menyanyikan lagu Halleluya-nya GF Handel.

Sementara itu, di Katedral, Perayaan Ekaristi malam Paskah diadakan dua kali. Misa pertama dimulai pukul 17.00 dan dipimpin oleh Bapak Uskup didampingi Rm DS. Tukiyo dan Rm Sutanto. Koor yang bertugas adalah Koor BMV (koor Paroki). Misa berlangsung lancar... ada 5 orang yang dibaptis dalam misa pertama. Ekaristi berlangsung hingga pukul 20 ... dan ini membuat kemacetan terjadi sebelum misa ke dua yang akan dimulai pukul 20.30.

Minggu Paskah (12 April 2009)
Koor Santher bertugas dalam Misa Minggu Paskah pukul 7.00 di Katedral BMV. Dibantu oleh beberapa orang dari Exultate dan Sheila sebagai organis, Koor Santher dapat melayani Ekaristi dengan lancar.

Masih ada kekurangan di sana-sini... karena kita memang belum pernah berlatih bersama organis... Jadi, wajar kalau ada kekurangan. Dalam tugas ini, suara Tenor juga beberapa kali masih kedodoran... mungkin karena teksnya terselip entah di mana... Bagaimana pun, tugas telah terlaksana...

Terima kasih kita sampaikan kepada Sheila (organis), Pak Simon (ketua Exultate), Mas Gago, Ibu Evie, Ibu Heri, Mbak Lia, dr Ika dan drg Cisca atas bantuan mereka.

Selamat Paskah untuk Umat Lingkungan Santa Theresia Bogor Raya Permai.
Christus vincit, Christus regnat, Christus imperat.
Tuhan memberkati...


No comments: